Produk Pra UKK Seni Lukis

Goresan Warna di Kanvas Pra-UKK

Seekor elang bertengger dengan gagah, berbulu coklat dan putih, paruhnya tampak kuat, siap untuk mencabik mangsanya. Sorot matanya tajam berkilat, memandang waspada ke arah cakrawala, siap untuk sewaktu-waktu mengarungi angkasa. Pancaran keyakinan, keberanian, dan rasa percaya diri terpancar pada sosok elang yang memukau itu. Elang tersebut ada pada salah satu kanvas lukisan karya siswa kelas XII jurusan Seni Lukis SMKN 9 Surakarta.


Pada kanvas yang lain tercipta goresan kuas yang menceritakan keindahan bunga tulip, segarnya buah anggur, burung beo yang penuh warna, lukisan kuda yang gagah, ayam jantan petarung, juga lukisan harimau si raja hutan. Muncul pula lukisan tokoh wayang yang menunjukkan kepedulian generasi muda untuk turut ambil bagian dalam melestarikan budaya bangsa. Di sisi lain, lukisan surealis mampu memberi warna tersendiri yang menunjukkan salah satu pilihansebagai seorang seniman. Lukisan-lukisan tersebut adalah salah satu produk Pra-UKK (Uji Kompetensi Keahlian) sebagai bentuk latihan persiapan UKK.
UKK adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event. UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi.
Namun, karena situasi saat ini siswa sedang melakukan pembelajaran mandiri jarak jauh (daring) pada masa pandemi Covid-19, format dan pelaksanaan UKK untuk tahun pelajaran 2019/2020 mengalami perubahan. Meskipun demikian bukan berarti kompetensi keahlian siswa SMK tidak bisa dinilai. Ada beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk menggantikan UKK secara tatap muka, yang disesuaikan dengan kebijakan, kondisi, serta situasi sekolah masing-masing. Seperti halnya tajamnya tatapan mata elang pada lukisan karya siswa jurusan Seni Lukis, bahwa siswa SMK akan selalu siap, berani, dan percaya diri dalam mempersiapkan diri dan menyambut masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *